DZIKIR BULAN RAJAB

Assalaamu'alaykum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Segala puji bagi Allah SWT yang telah menciptakan waktu dengan begitu sempurna dengan ayat-ayatNya berupa pergerakan matahari dan bulan yang harmonis. Sholawat beserta salam semoga senantiasa tercurah kepada Sayyidinaa Muhammad SAW beserta para keluarga serta umat beliau yang senantiasa berusaha untuk menghidupkan sunnah-sunnahnya.

Saudaraku, sebentar lagi kita akan memasuki bulan Rajab. Bulan ini adalah salah satu diantara empat bulan yang mulia. Banyak amaliah yang disunnahkan untuk dilakukan seperti sabda Rasulullah SAW  :

Pada malam mi'raj aku melihat bengawan (sungai) yang airnya manis melebihi madu, dinginnya melebihi salju dan wanginya melebihi misik. Maka aku bertanya pada Jibril : "untuk siapakah bengawan ini?". Jibril menjawab : "untuk orang-orang yang bersholawat kepadamu di bulan Rajab. "Mendekatlah kalian kepada Tuhan kaliah (Allah SWT) dan mintalah pengampunan atas dosa-dosa kalian dan jauhilah maksiat di bulan mulia. Dan ini adalah bulan Rajab."

Para ulama salafunashsholih mengajarkan bagi kita masyarakat awam untuk melakukan amaliah dan melafadzkan dzikir di dalam bulan tersebut, antara lain :

Membaca istighfar ROBBIGHFIR LIY WARHAMNIY  WA TUB 'ALAYYA sebanyak 70x setiap hari selama bulan rajab ; ditambah dengan :
  • Membaca tasbih SUBHAANAL HAYYIL QOYYUUM 100x pada tanggal 1 s/d 10 Rajab 
  • Membaca tasbih SUBHAANALLAAHIL AHADISH SHOMAD 100X tanggal 11 s/d 20 Rajab
  • Membaca tasbih SUBHAANALLAAHIR RO'UUF 100x tanggal 21 s/d 30 Rajab
Rasulullah juga bersabda dalam hadits yang diriwayatkan Al Baihaqi sebagaimana tertulis dalam kitab SYUABUL-IMAN :

Di dalam surga terdapat bengawan (sungai) yang disebut Rajab, putihnya melebihi susu dan manis melebihi madu. Barangsiapa yang berpuasa satu hari di bulan Rajab maka Allah akan memberinya minum dari bengawan (sungai) tersebut.

Wallaahu a'lam bishowab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WAJIBKAH BERMADZHAB

MEMBACA, MERENUNGKAN DAN MENGAMALKAN ISI KANDUNGAN AL QUR'AN

KH KHOLISON : TIDAK ADA KADER PENGGERAK NU YANG GAGAL