HABIB ABDULLAH BIN ALWI AL HADDAD (Penyusun Ratib Al Haddad)


 

Nama lengkap beliau adalah Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad bin Ahmad bin Abdullah Al Haddad. Beliau lahir malam Senin 5 Shafar 1044 H atau sekitar 31 Juli 1634 M di Subair, pinggiran Tarim, Hadhramaut, Yaman. Beliau diasuh dan dibesarkan di kota Tarim yang pada masa itu dikenal sebagai pusat kaum ‘Alawiyyin (sebutan untuk keturunan Sayyidina Husein bin  Ali bin Abi Thalib Ra.)

 Al Imam Abdullah Al Haddad diasuh dan dididik langsung oleh ayahnya, terutama setelah beliau berusia 4 tahun, dimana pada saat itu kedua mata penglihatan beliau utidak dapat melihat akibat penyakit cacar. Sekalipun beliau tidak dapat melihat dengan mata lahir, tetapi Allah SWT sungguh telah menggantinya dengan penglihatan mata bathin yang ternyata lebih terang dan jernih, disamping itu beliau memiliki adh-dhaabithu al qawiyyu (daya ingat yang kuat). Terbukti dalam usia beliau yang sangat dini, beliau telah berhasil hafal al qur’an, sekaligus menguasai kitab-kitab karya Al Imam Al Ghazali.

Di masa mudanya, beliau cenderung menjauhkan diri dari gaya hidup remaja seusianya. Pada waktu-waktu tertentu beliau sering melakukan khalwah (menyendiri) di tempat-tempat yang sunyi untuk tafakkur dan beribadah. Beliau tekun menuntut ilmu, keliling dari masjid ke masjid, dari satu kota ke kota yang lain, mendengar dan menimba ilmu dari para guru yang masing-masing memiliki keahlian di bidangnya. Beliau sering berziarah ke makam Al Imam Ahmad Al Muhajir yang berada di sebuah desa bernama Husaisah. Selesai berziarah beliau menimba air untuk mengisi kolam-kolam masjid yang berada di sekitar makam itu.

Seperti umumnya aqidah yang dianut keluarga ‘Alawiyyin di Hadhramaut, maka aqidah yang dipegang oleh Al Imam Abdullah Al Haddad juga Ahlussunnah wal jamaah, suatu aqidah yang menurut beliau benar-benar memegang teguh teladan Rasulullah SAW dan para sahabatnya. Ketika beliau ditanya “apakah madzhab Al Asy’ari merupakan satu-satunya madzhab yang benar?”. Beliau menjawab : “Tidak. Tetapi apa yang ada didalam madzhab Al Asy’ari adalah haqq (benar), sedangkan didalam madzhab-madzhab yang lain ada yang haqq dan ada pula yang bathil (tidak benar).”

Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad wafat malam Selasa menjelang fajar tanggal 7 Dzulqa’dah 1132 H dalam usia 88 tahun dan dimakamkan di pemakaman Zanbal, di pinggiran kota Tarim, Hadhramaut, Yaman.

 

 Sumber :

 MENYINGKAP RAHASIA RATIB AL-HADDAD

Penyusun : Habib Muhdhor Assegaf

Penerbit      : AL ANWAR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WAJIBKAH BERMADZHAB

KEUTAMAAN MAJELIS DZIKIR

DZIKRULLAH BIL LISAN